"Mohon tunggu..."

Keputusan Bersama Menteri Keuangan Menteri Sosial dan Menteri Dalam Negeri

Keputusan Bersama Menteri Keuangan Menteri Sosial dan Menteri Dalam Negeri
Gambar : Keputusan Bersama Menteri Keuangan Menteri Sosial dan Menteri Dalam Negeri

25 November 2020 - Dalam rangka mendukung Program BSU (Bantuan Subsidi Upah), Kementerian Sosial dengan BPJS Ketenagakerjaan melakukan kesepakatan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama terkait pertukaran data. Adapun tujuan dari pertukaran data ini adalah untuk:

Komitmen kerjasama dan sinergi antara Kementerian Sosial dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan data/atau informasi statistik kesejahteraan sosial secara elektronik guna mendukung penyelenggaraan kesejahteraan sosial; Mendukung kerjasama dalam pertukaran data yang dibutuhkan oleh para pihak secara elektronik dengan sistem keamanan yang memadai. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akurasi validasi data terhadap Program BSU, dengan mensinergikan DTKS dalam program BSU sebagai upaya dalam penyediaan kualitas daya yang lebih valid, mutakhir, dan tepat saaran. Dimana DTKS diharapkan akan menjadi salah satu baseline (data dasar) yang dapat digunakan dalam mendukung penyelenggaraan Program BSU. Selain itu, dasar pertukaran data ini dapat meningkatkan kualitas DTKS yang akan mempengaruhi sasaran program bansos yang lebih tepat sasaran di Kemensos ataupun K/L lain.

“Mengayomi masyarakat”

Proses penandatangan PKS ini dilakukan oleh Kepala Pusdatin Kesos Kemensos RI, Said Mirza Pahlevi dengan Direktur Perancanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, yang dilakukan di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan. Hadir juga dalam acara ini perwakilan dari Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Simaksos untuk semua

Telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang bertujuan untuk memberikan informasi dan membangun kesamaan persepsi dan pemahanan tentang DTKS yang dihadari para Tenaga Ahli Pimpinan dan Anggota Komisi 8 DPR RI, dan Biro Humas kemensos RI. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Golden Boutique Jakarta.